DESA MANTRIANOM

Kecamatan Bawang
Kabupaten Banjarnegara

Jl. Raya Mantrianom Km. 07, Bawang, Banjarnegara, 53471

Pembekalan Relawan Pemutakhiran Data SDGs Desa dan IDM Tahun 2021 Desa Mantrianom Kecamatan Bawang

Administrator 01 Mei 2021 20:13:53 WIB

Jumat, 30 April 2021 telah dilaksanakan kegiatan Pembekalan Relawan Pemutakhiran Data SDGs Desa dan IDM Tahun 2021 Desa Mantrianom Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. SDGs Desa merupakan kerangka pembangunan baru dari MDGs sebagai arah pembangunan global tahun 2030. SDGs merupakan tujuan pembangunan yang dikembangkan dari tujuan pembangunan nasional. Dalam perannya dalam mencapai tujuan pembangunan Nasional berkelanjutan, Desa ikut serta dalam kegiatan dasar yaitu melalui pendataan berbasis SDGs untuk memperoleh data-data yang valid di tingkat Desa yang akan digunakan sebagai bahan perencanaan pembangunan baik ditingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi maupun pusat.

Melalui sambutannya, Kepala Desa Mantrianom menyampaikan beberapa hal terkait pendataan SDGs dan beberapa hal terkait covid-19 karena pada saat ini masih dalam masa pandemi. Kepala Desa menyampaikan pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19 dengan tetap jaga jarak dan mematui protokol kesehatan, dalam pembekalan relawan SDGs juga tempat telah ditata sedemikian rupa agar tetap jaga jarak, dan peserta tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker dan cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan. Pendataan SDGS diharapkan dapat menjadi sumber data yang valid di Desa Mantrianom, terkait kependudukan, data perekonomian, data perumahan, data kebudayaan, data pekerjaan, data pernikahan, data kesehatan dan data penting lainnya. Terkait dengan data kesehatan juga merupakan data yang sangat penting, mengingat saat ini Desa Mantrianom akan masuk pada Desa Lokasi Fokus Stunting pada tahun 2022 yang disebabkan oleh angka pernikahan dini yang tinggi dan juga Desa Mantrianom masuk dalam Zona Merah Kemiskinan di Kabupaten Banjarnegara.

Bapak Susianto, S.KM selaku Plt. Camat Bawang yang berhalangan hadir dalam kegiatan tersebut diwakili oleh Bapak Misni, SE selaku Kasi PMD Kecamatan Bawang, dalam sambutannya menyampaikan harapannya dalam pelaksanaan pendataan SDGs kali ini lebih mengoptimalkan waktu yang ada mengingat saat ini pelaksanaan pendataan pada bulan Ramadhan. Selanjutnya beliau menyampaikan materi tentang Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) Pendataan SDGs Desa yang pada saat ini Desa Mantrianom telah memasuki tahapan Pembekalan Relawan dan akan dilanjutkan dengan kegiatan Pelaksanaan Pendataan Desa. SDGs Desa secara umum disampaikan oleh Bapak Hardi Setyanto.

Materi tentang Teknis Pendataan disampaikan oleh Ibu Nunung Wijayanti, ST yang keseluruhan materi berisi tentang tata cara pengisian Kuisioner Desa, Rukun Tetangga, Rumah Tangga dan Individu. Dilanjutkan materi tentang pengoperasian aplikasi Pendataan SDGs Desa di smartphone disampaikan oleh Bapak Imam Prihatiko Agustian N., mulai dari proses download dan instalasi aplikasi hingga teknis penginputan Data Desa, Rukun Tetangga, Rumah Tangga dan Individu.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri Desa


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Galeri Video

Sosialisasi Dana Desa

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Desa Mantrianom

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung