Website Resmi Desa Mantrianom Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara

Artikel

Vaksinasi Lansia dan Pra Lansia Dosis I Desa Mantrianom

24 Agustus 2021 03:09:31  Administrator  617 Kali Dibaca  Berita Desa

Selasa, 24 Agustus 2021 telah dilaksanakan kegiatan vaksinasi untuk lansia dan pra lansia di Desa Mantrianom Kecamatan Bawang. Dengan kuota vaksinasi yang ditargetkan sebanyak 200 peserta untuk dosis ke 1, sasaran vaksinasi ini adalah lansia (usia 60 tahun ke atas) dan pra lansia (usia 45 s.d. 59). Kegiatan dimulai jam 08.00 WIB bertempat di Balai Desa Mantrianom dilaksanakan berkat kerjasama dengan UPTD Puskesmas Bawang 1 sebagai Pusat Kesehatan Masyarakat di Kecamatan Bawang khususnya yang menangani kesehatan masyarakat di Desa Mantrianom.

Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman, yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh sehingga seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit. Apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut maka orang tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

Vaksin bukanlah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular virus ataupun kemungkinan sakit berat. Selama belum ada obat khusus untuk COVID-19, maka vaksin COVID-19 yang aman dan efektif serta perilaku 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas) adalah upaya perlindungan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari COVID-19.

Hingga kegiatan selesai tercatat peserta yang datang untuk melaksanakan vaksinasi adalah sebanyak 259 orang. Namun tidak semua peserta yang hadir dapat divaksin pada hari itu. Sejumlah 28 orang batal vaksin dikarenakan sedang kurang sehat ataupun kondisi lain yang diketahui setelah hasil observasi yang menyebabkan tidak boleh divaksin pada hari itu. Sementara sejumlah 105 orang pra lansia, 57 orang lansia dan 28 orang (umum) berhasil divaksin.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Mantrianom KM.07, RT 01 RW 03 Desa Mantrianom, Kec. Bawang, Kab. Banjarnegara
Desa : Mantrianom
Kecamatan : Bawang
Kabupaten : Banjarnegara
Kodepos : 53471
Telepon :
Email : mantrianom.desa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:175
    Kemarin:266
    Total Pengunjung:169.986
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:100.28.2.72
    Browser:Tidak ditemukan