Website Resmi Desa Mantrianom Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara

Artikel

KPMD Desa Mantrianom ikuti Bimtek Budidaya Ikan Lele di Magelang

09 Juni 2023 15:24:05  Administrator  129 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Bantuan Sarana dan Prasarana Perikanan Budidaya Pendukung Penanganan Stunting di Jawa Tengah Tahun Anggaran 2023, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah mengadakan Bimbingan Teknis Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal yang dilaksanakan di Loka PBIAT Ngrajek, Magelang, yang diikuti oleh Kelompok Penerima Bantuan Sarana dan Prasarana Perikanan Budidaya Pendukung Penanganan Stunting di Jawa Tengah Tahun Anggaran 2023 yang sebagian besar adalah POKDATAN (Kelompok Budidaya Ikan) dan KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa).

Desa Mantrianom menugaskan 1 orang Kader untuk mengikuti Bimtek tersebut yaitu Saudara Yeni Ariyani selaku Koordinator KPMD Desa Mantrianom. Bimtek dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 6 Juni 2023 sampai dengan 8 Juni 2023. Seluruh biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung pihak penyelenggara.

Pada hari pertama, setelah pembukaan acara oleh panita dilanjutkan materi oleh anggota Dewan DPRD Provinsi Jawa Tengah dengan materi pembahasan kebijakan penanganan stunting di Propinsi Jawa Tengah. Kurangnya gizi bagi anak, kurangnya asupan nutrisi yang diserap karena minimnya protein yang masuk. Dengan adanya program Bantuan Sarana dan Prasarana Perikanan Budidaya Pendukung Penanganan Stunting di Jawa Tengah Tahun Anggaran 2023 berupa budidaya ikan lele diharapkan dapat membantu perkembangan anak menjadi lebih baik, karena lele mengandung protein, DHA dan omega 3 sehingga dapat dikonsumsi sesering mungkin sebagai makanan tambahan bagi balita.

Pada hari kedua, pembahasan materi tentang manajemen kualitas air dan persiapan kolam ikan lele yang baik serta penanganan penyakit pada ikan lele. Air yang digunakan pada kolam sebaiknya didiamkan atau diendapkan terlebih dahulu selama 5 sampai dengan 7 hari untuk menjaga kestabilan air. Jika air tenang, PH mudah dicek kadarnya dengan alat dan pengatur PH air yang sudah disiapkan. Perawatan dalam hal pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian obat alami maupun obat kimia.

Pada hari ketiga yaitu hari terakhir pelaksanaan Bimbingan Teknis, materi yang diberikan adalah tentang perhitungan pakan, manajemen pakan dan perhitungan penebaran benih di setiap kolam untuk memudahkan perhitungan pengeluaran setiap kali panen. Setelah semua materi disampaikan, acara ditutup pada hari ketiga dan semua peserta Bimbingan Teknis kembali ke tempat asal masing-masing.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Mantrianom KM.07, RT 01 RW 03 Desa Mantrianom, Kec. Bawang, Kab. Banjarnegara
Desa : Mantrianom
Kecamatan : Bawang
Kabupaten : Banjarnegara
Kodepos : 53471
Telepon :
Email : mantrianom.desa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:23
    Kemarin:465
    Total Pengunjung:178.581
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.213.60.33
    Browser:Tidak ditemukan