Website Resmi Desa Mantrianom Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara

Artikel

Musrenbangdes RKPDesa Tahun 2024

22 September 2023 20:46:16  Administrator  187 Kali Dibaca  Berita Desa

Jumat, 22 September 2023, telah dilaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka Penyusunan Rancangan RKPDesa Tahun 2024. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Bawang, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, BPD Desa Mantrianom, LP3M, TP. PKK Desa, Perangakat Desa, Tim Penyusun RKPDesa, KPMD, Ketua RW dan Ketua RT Se-Desa Mantrianom, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Karang Taruna dan Perwakilan Perempuan.

Pembukaan acara dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sambutan-sambutan oleh Kepala Desa Mantrianom dan Camat Bawang. Dalam sambutannya, Kepala Desa Mantrianom menyampaikan bahwa pembentukan Tim Penyusun RKP Desa Tahun 2024 berdasar Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Dalam tahapannya Tim Penyusun RKP Desa telah menyusun Rancangan RKP Desa sesuai dengan prioritas pada RPJMDesa. Pada tahun 2024 Desa Mantrianom akan fokus pada pembangunan pasar desa dan kios desa. Dalam mendukung program ketahanan pangan, Desa Mantrianom akan membangun saluran irigasi banagara-sirukem sepanjang 300 m.

Dilanjutkan sambutan dari Bapak Anton Risdianto, S.STP, M.Si selaku Camat Bawang yang menyampaikan bahwa Pelaksanaan Musrenbangdes pada hari Jumat tanggal 22 September 2023 sebagai salah satu tahapan penyusunan RKPDes Tahun 2024. Penyusunan RKP Desa Tahun 2024 disusun berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, Peraturan Bupati Banjarnegara Nomor 28 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pembangunan Desa, Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Prioritas penggunaan DD pada Tahun 2024 tidak jauh berbeda dengan prioritas penggunaan DD di tahun 2023, hanya saja terdapat isu-isu strategis DD digunakan untuk mendukung program ketahanan pangan dan hewani, penanganan stunting, pemulihan ekonomi nasional. Selain dengan adanya Dana Desa, Desa Mantrianom pada saat ini sudah mulai mengembangkan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan penghasilan asli desa yang salah satunya pada tahun 2023 ini Pemerintah Desa Mantrianom tengah membangun sarana dan prasarana pasar desa. Tentunya dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat mejadikan mantrianom lebih mandiri dan lebih mensejahterakan warganya melalui kegiatan ekonomi di desa.

Pemaparan Rancangan RKPDesa Tahun 2024 oleh Sekretaris Desa Mantrianom selaku Ketua Tim Penyusun RKPDesa yang dimulai dari penyampaian Laporan Evaluasi Laju Pencapaian SDGs Desa Tahun 2023 berdasarkan bidang dan sub bidang kegiatan. Pembacaan Rancangan RKP Desa Tahun 2024 terkait pembidangan program dan kegiatan beserta sumber pendanaannya, Daftar Usulan RKP Desa melalui mekanisme bantuan keuangan dan kegiatan sektoral Perangkat Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2024. Dalam musyawarah yang dipimpin oleh Kepala Desa, terdapat beberapa masukan dari peserta musyawarah yang selanjutnya akan menjadi bahan perbaikan dan evaluasi kegiatan pada Rancangan RKPDesa. Kegiatan pembangunan desa tahun 2024 difokuskan untuk pembangunan rabat beton di beberapa wilayah (RT 01 RW 01, RT 05 RW 01, RT 02 RW 03, RT 04 RW 03, RT 02 RW 07), pengaspalan jalan (Jl. M. Slamet, Jl. Prupug dan Jl. Pesucen) yang kondisinya rusak berat. Pembangunan talud lapangan guna mendukung kegiatan perbaikan dan peningkatan lapangan desa. Pembangunan sarana prasarana pasar desa berupa fasilitas MCK sebagai usaha peningkatan penghasilan asli desa dan mendukung program pemulihan ekonomi nasional. Pembangunan saluran irigasi pertanian sebagai program ketahanan pangan dan hewani.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Mantrianom KM.07, RT 01 RW 03 Desa Mantrianom, Kec. Bawang, Kab. Banjarnegara
Desa : Mantrianom
Kecamatan : Bawang
Kabupaten : Banjarnegara
Kodepos : 53471
Telepon :
Email : mantrianom.desa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:32
    Kemarin:465
    Total Pengunjung:178.590
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.213.60.33
    Browser:Tidak ditemukan