Website Resmi Desa Mantrianom Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara

Artikel

Musdes Pengelolaan BUMDes

08 Maret 2024 16:52:17  Administrator  534 Kali Dibaca  Berita Desa

Desa Mantrianom memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bernama BUMDes AGRAPANA Mantrianom. AGRAPANA sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang bermakna ‘sumber hidup yang utama” yang telah menjadi slogan pada logo BUMDes AGRAPANA Mantrianom. Pada saat ini BUMDes AGRAPANA memiliki 3 Unit Usaha yaitu Unit Usaha Perdagangan, Unit Usaha Peternakan dan Unit Usaha Pengelolaan Sampah.

Jumat, 8 Maret 2024 telah dilaksanakan Musyawarah Desa dalam rangka membahas pengelolaan BUMDes dan potensi usaha BUMDes kedepan. Musdes dihadiri oleh unsur Pemerintah Desa, BPD, Pendamping Desa, LP3M, TP. PKK Desa, KPMD dan tokoh masyarakat.

Sambutan Kepala Desa menyampaikan beberapa poin perkembangan BUMDes diantaranya adalah Unit Usaha Pengelolaan Sampah yang hingga saat ini telah melayani masyarakat yakni dengan pendistribusian sampah dari rumah-rumah warga ke TPA. Usaha Peternakan BUMDes yang pada saat ini menjalankan pengembangbiakan sapi dan kambing serta penanaman pakan ternak berupa rumput pakcong yang dikelola BUMDes baik untuk pakan ternak sendiri maupun dijual kepada peternak lain karena permintaan pakan ternak berupa rumput pakcong pada saat ini lumayan tinggi. Hingga saat ini Pemerintah Desa telah menyertakan modal pada BUMDes sejumlah Rp272.000.000,00 yang sebagian besar bersumber dari Dana Desa.

Sambutan selanjutnya oleh Bapak Hardi selaku Pendamping Desa yang menyampaikan beberapa poin di antaranya bahwa BUMDes AGRAPANA Mantrianom sejak tahun 2021 telah memiliki Sertifikat Pendaftaran Pendirian Badan Hukum yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. BUMDes AGRAPANA Mantrianom termasuk salah satu BUMDes yang berkembang dan aktif di Kecamatan Bawang, yang pada saat ini kegiatan BUMDes tengah fokus pada pelayanan terhadap masyarakat dalam pengelolaan kebersihan lingkungan dengan Unit Usaha Pengelolaan Sampahnya. Bapak Hardi berharap kedepan BUMDes dapat lebih maju dan mengembangkan usahanya sehingga dapat memaksimalkan modal yang ada.

Selanjutnya presentasi oleh BUMDes yang menyampaikan pengelolaan BUMDes hingga tahun 2023, penyampaian laporan keuangan BUMDes dan potensi-potensi usaha BUMDes selanjutnya yang pada saat ini mulai dirintis oleh BUMDes. Dalam presentasinya, Bapak Kisro selaku Direktur BUMDes AGRAPANA menyampaikan bahwa BUMDes sangat membutuhkan Sumber Daya Manusia khususnya dari Desa Mantrianom untuk memajukan usaha-usaha BUMDes. Unit Usaha yang saat ini telah dijalankan yaitu Unit Usaha Perdagangan pada saat ini tidak mengalami perkembangan yang signifikan, sehingga BUMDes telah merencanakan usaha-usaha lainnya yang lebih potensial. Beliau menyampaikan beberapa peluang-peluang yang ada di Desa Mantrianom yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha BUMDes. Beliau mempresentasikan potensi usaha BUMDes kedepan yang saat ini telah dirintis yaitu Digital Marketing dan Program Reseller sebagai sub dari Unit Usaha Perdagangan. BUMDes AGRAPANA pada saat ini telah memiliki beberapa toko online di berbagai marketplace yang menjual produk-produk dari UMKM Desa Mantrianom dan dari kemitraan BUMDes.

Kedepan, Direktur BUMDes ingin memberdayakan masyarakat untuk menjadi mitra BUMDes sebagai digital marketer dalam program reseller BUMDes. Direktur BUMDes berharap kedepan penggunaan gawai di kalangan remaja dan ibu-ibu rumah tangga dapat lebih bermanfaat dengan menjadi reseller BUMDes sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga dengan melaksanakan pelatihan digital marketing.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Mantrianom KM.07, RT 01 RW 03 Desa Mantrianom, Kec. Bawang, Kab. Banjarnegara
Desa : Mantrianom
Kecamatan : Bawang
Kabupaten : Banjarnegara
Kodepos : 53471
Telepon :
Email : mantrianom.desa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:19
    Kemarin:465
    Total Pengunjung:178.577
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.213.60.33
    Browser:Tidak ditemukan